Insya Allah Jum'at yang akan datang (23 Maret 2012 M/ 29 Rabiul Akhir 1433 H), Khatib: Tgk. H. Badruzzaman, SH., MH; Imam : Tgk. HUSAINI HASYIM >>>>>>>>> PANITIA PEMBANGUNAN SAAT INI SEDANG MEMPERSIAPKAN DANA UNTUK PEMBANGUNAN ATAP. OLEH KARENANYA SHADAQAH JARIYAH DARI ANDA SANGAT DIDAMBAKAN ! Shadaqah Jariyah melalui Bank dapat Anda transfer ke Rekening Panitia di Bank Aceh Syariah Lamnyong, Nomor : 612.01.20.011108-0 atas nama : PAN PEM MASJID BAITUL AHAD. Kami juga mempunyai Rekening di Bank Mandiri (KK Unsyiah Darussalam) dengan Norek: 105-00-0479738-1 an. SUBKI DJUNED/ZAINUDDIN (Bendahara dan Ketua Panitia). SEMOGA RIDHA ALLAH SELALU MENYERTAI USAHA MULIA INI. AMIN

Kamis, 15 Januari 2009

SEJARAH SINGKAT MASJID SIEM

Masjid Jamik Mukim Siem Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar sebuah masjid yang dibangun sejak masa Kerajaan Aceh Darussalam. Namun dalam masa penjajahan Belanda, masjid tersebut telah dibakar oleh tentara kolonial Belanda. Ketika peperangan berkecamuk salah seorang Panglima Perang Belanda (Letnan W.J.P. Wajermann) tewas dibunuh masyarakat Mukim Siem di Komplek Masjid Jamik Mukim Siem. Mungkin dengan alasan itu pulalah Masjid Jamik Mukim Siem dibakar oleh Belanda.


Menurut penuturan beberapa orang tua yang dapat dipercaya, bahwa perang Aceh melawan penjajahan Belanda adalah perang total, artinya semua elemen masyarakat ikut terlaibat dalam perang melawan kafir tersebut yang tentu saja termasuk para ulama. Salah seorang tokoh masyarakat yang berhasil kami wawancarai yaitu Tgk. Mukhtar Hasan Krueng Kalee, menceritakan secara panjang lebar sejarah didirikannya kembali Masjid Jamik Mukim Siem. Menurutnya salah seorang ulama yang terlibat langsung dalam perang heroik melawan tentara kolonial Belanda tersebut adalah Tgk Muhammad Said atau lebih dikenal dengan laqab Tgk Chik Meunasah Baro (paman dari Tgk Haji Hasan Krueng Kalee). Tgk. Chik Meunasah Baro ini adalah tokoh ulama sekaligus pejuang yang sangat dikenal di kawasan Asia Tenggara karena kehebatan ilmu dan konsistensinya dalam memperjuangkan kebenaran.
Lebih jauh tokoh yang akrab disapa Cok Ta ini menyebutkan bahwa suatu ketika isteri dan anak Tkg. Chik Meunasah Baro tersebut ditawan oleh Belanda. Oleh karena itu Teuku Keumala menulis sepucuk surat kepada Tkg. Chik Meunasah Baro yang berada di hutan belantara Tanah Gayo, yang di dalamnya berisi tentang fenomena masyarakat Aceh yang telah berpuluh tahun terus berjuang sehingga pendidikan agama masyarakat Aceh saat itu sudah sangat mengkhawatirkan, jangankan untuk melaksanakan ibadah, syahadat saja ada yang sudah tidak tahu lagi. Dalam masyarakat kala itu sudah berkembang berbagai bid’ah dan khurafat. Kalau keadaan ini dibiarkan terus menerus (tegas Teuku Keumala), sangat dikhawatirkan ajaran Islam akan hilang dari tanah Aceh. Tkg. Chik Meunasah Baro membalas surat Teuku Keumala dan mau turun gunung dengan catatan Belanda mau memenuhi tiga syarat yang beliau ajukan, yaitu:
  1. Anak Isteri Tkg. Chik Meunasah Baro dilepaskan kembali oleh Belanda
  2. Tkg. Chik Meunasah Baro diizinkan mendirikan dayah dan melakukan pengajian agama
  3. Tkg. Chik Meunasah Baro diperkenankan mendirikan kembali masjid-masjid yang sudah dibakar Belanda.

Ketiga-tiga syarat yang ditawarkan melalui Teuku Keumala ini disetujui oleh Belanda dan akhirnya Tkg. Chik Meunasah Baro kembali ke Mukim Siem dan mendirikan sebuah balai pengajian serta mendirikan kembali seluruh masjid di Wilayah XXVI Mukim dengan bentuk dan ukuran yang sama dan sangat sederhana. Salah satunya adalah Masjid Jamik Mukim Siem yang saat ini telah diberi nama dengan “Masjid Jamik Baitul Ahad Mukim Siem”.
Bangunannya terdiri dari kayu dengan lantai tanah dan dilapisi dengan batu-batu tipis. Seterusnya sesuai dengan tuntutan keadaan, Masjid Jamik Mukim Siem dibangun baru di tempat yang sama dengan ukuran yang lebih luas, namun masih belum permanen dengan bangunan dari kayu dan lantainya semen.

Dalam perjalan waktu dan pertambahan penduduk yang begitu pesat, pada tahun 1979 Masjid Jamik Mukim Siem kembali dibangun baru (di lokasi baru dalam komplek yang sama) dengan bangunan yang permanen berukuran 18 x 20 m atau dengan luas lantai 360 m2. Selanjutnya sesuai kebutuhan, bangunan Masjid ini direnovasi dan diperluas menjadi 24 x 28 m atau dengan luas lantai 672 m2, dan sampai akhir tahun 2004 (sebelum gempa bumi 26 Desember 2004) bangunannya sudah mencapai 80 % siap.

Dengan terjadinya gempa bumi dan gelombang tsunami di Nanggroe Aceh Darussalam pada tanggal 26 Desember 2004, mengakibatkan bangunan Masjid Jamik Mukim Siem mengalami kehancuran dan sama sekali tidak dapat dimanfaatkan lagi. Kerugian ditaksir mencapai 2 milyar rupiah.

Pada dua minggu pertama setelah musibah gempa bumi, masyarakat Mukim Siem melakukan shalat Jum’at di halaman masjid dan setelah puing-puing bangunan dibersihkan hampir tiga bulan shalat Jum’at dilakukan di bawah tenda di pelataran (lantai) bekas bangunan masjid. Kenyataan tersebut mendatangkan simpati dari masyarakat umat Islam kota Istanbul Turkey dan memberi bantuan pembangunan Masjid Jamik Mukim Siem sementara dengan konstruksi bangunan dari kayu dan atap seng.

Sampai saat ini Masjid Jamik Mukim Siem sementara bantuan masyarakat umat Islam kota Istanbul Turkey inilah yang digunakan oleh masyarakat Mukim Siem dalam berbagai aktivitas keagamaan seperti shalat fardhu, shalat Jum'at dan pengajian anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur'an.

Sejak bulan Juni 2005 Imeum Mukim Siem telah mengeluarkan sebuah Surat Keputusan tentang "Susunan Panitia Pembangunan Baru Masjid Jamik Mukim Siem” dan sejak saat itu pembangunan masjid ini terus diupayakan dengan semaksimal mungkin. Sesuai dengan perkiraan pertambahan jumlah jama’ah di Mukim Siem yang semakin hari semakin bertambah, maka masjid ini dibangun dengan luas lantai 1.918 m2, di mana diharapkan dapat menampung jama’ah sebanyak 2.740 orang.

Pembangunan kembali Masjid Siem ini dibagi dalam beberapa tahap dan tahap I dengan sub bidang pekerjaan fondasi dan sloof yang menghabiskan dana sebanyak Rp. 549.338.000,- (Lima ratus empat puluh sembilan juta tiga ratus tiga puluh delapan ribu rupiah). Dana Tahap I ini diperoleh dari berbagai sumber seperti Pemda NAD (Rp. 350.000.000), Pemda Aceh Besar, dan sumbangan umat Islam baik dalam maupun luar Mukim Siem, dan pekerjaannya telah rampung seluruhnya.

Selanjutnya Panitia Pembangunan terus berupaya semaksimal mungkin melanjutkan pembangunan Tahap II, yang meliputi 54 buah kolom petak 40 x 40 cm, volume 106,95 m3 dan 16 buah kolom bulat dia 80 cm, volume 30,50 m3, ring balok lantai dan plat lantai. Pekerjaan tahap ini memperoleh dana dari BRR, Pemda NAD, Pemda Aceh Besar, NGO Turkiye, sumbangan tidak mengikat dari beberapa LSM dan Shadaqah Jariyah Umat Islam dalam dan luar Mukim Siem. Alhamdulillah pekerjaan tahap II telah selesai dikerjakan dengan total anggaran Rp. 2.132.957.000,- (Dua miliar seratus tiga puluh dua juta sembilan ratus lima puluh tujuh ribu rupiah).


5 komentar:

Anonim mengatakan...

Asslamu'alaikum Wr.Wb.

Nyoe baroe geukheuen ken ceulet-ceulet. Lon salot that keu awak dren nya ka neu tem useuha neuba isue peuneudong seumeujid Mukim Siem nyoe ue ban sigom donya. Ngen geupeuhah tingkap blogspot awak dren mamandum ureung nyang na ban sigom donya ka geutukri pakriban seujarah meuseujid geutanyo, dari awai troh an sampoe jinoe. Ureung2 nyang na di ban sogom donya pih ka geuteupeu pakriban ureung2 nyang na di mukim siem rhoh lam bareg paleng dikeu lam peutheun bangsa nyoe dari bgs peujajah. Trimong Geunaseh rakan. Ulon pih na sajan awak dren Amieen.

Pak Mukim

Administrator mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Administrator mengatakan...

Jak ta peuramee blog nyoe ngon berita dan kegiatan nyang na ta publikasikan.

Anonim mengatakan...

Maju Terus Panitia Pembangunan Masjid Siem, semoga amal jariyah Anda mendapat pahala setimpal di sisi Allah

Asnawi Zain mengatakan...

Jeut lon tamah bacut the'h keu hai sijarah masjid geutanyoe. Peuneugah nyoe lon deunge bak ureung tuha nyang jeut ta mat keu haba. Ka ta teupeu le geutanyoe mandum, prang Aceh na keuh prang total, lamprang nyan mandum ureung Aceh nibak mandm elemen geutron lam prang, meunan chit dum ulama2. Lam kawan nyan rhoh chit Tgk Muhammad Said atawa nyang geuturi ngen lakap Tgk Chik Meunasah Baro. Gobnyan nakeuh pacut dari Tgk Haji Hasan kr. Kalee nyang geuthee ban sigom Asia tenggara. Bak saboh jan aneuk-peurumoh Tkg. Chik Meunasah Baro nyan ji drop ngen jitawan le Beulanda. Bak wateenyan Beulanda jipeuget negosiasi ngen tgk chik. Bak akhe dudoe Tgk Chik jeut takhen geuteken MoU ngen Beulanda. Asoe MoU nyan Nakeuh lagee nyoe :
1. Mamandum Aneuk-peurumoh nyang ka jitheun le Beulanda geupeulheuh teuma.
2. Tgk Chik Jeut atawa jibrie izin peudong teuma dayah.
3. Tgk Chik jeut atawa jibrie izin geupeudong teuma mamandum meuseujid nyang ka di tot le Beulanda.

Nyan ban, paneuk calitra tgk chik geu tron, olheuhnya geupeudong teuk teuma meuseujid2 nyang di wilayah XXVI mukim nyoe, rhoh lam kawannya meuseujid geutanyoe.

Oh nye hai, na lon deunge chit bahwa yoh masa phon Beulanda jitamong u Mukim geutanyoe di keu meuseujid Siem na mate sidroe panglima prang Beulanda, meunyoe hana salah nan jih W.J.P Wajermann. Lagee2 awak geutanyoe peulee ta tuliti teuma seujarah bansa geutanyoe, mangat seujarah jeut ta pulang keu aneuk2 cucoe geutanyoe, na pakat ?

 
Redesign by : Sbafcom Corporatian